Langkah Tepat Dalam Membeli Mobil Bekas

Seiring berjalan waktu, tingkat mobilitas masyarakat di Indonesia kian hari semakin meningkat. Dengan tingginya tingkat mobilitas artinya tingkat kebutuhan akan kendaraan juga semakin meningkat. Membeli barang seperti kendaraan bukanlah perkara yang mudah, karena selain biaya yang tidak sedikit untuk dikeluarkan juga perlu adanya pertimbangan terlebih dahulu. Contohnya dengan membeli mobil bekas menjadikan salah satu alternatif yang bisa dilakukan seseorang agar bisa memiliki kendaraan pribadi, dengan dana yang terbatas.

 Saat ini harga jual mobil bekas yang dijual di pasaran cukup bervariasi, mulai dari puluhan juta rupiah dengan dana yang Anda miliki. Terdapat hal-hal penting yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli mobil bekas. Mulai dari cek status kendaraan baik itu STNK, BPKB dan sebagainya.

Apakah kendaraan pernah terkena surat tilang baik itu secara langsung atau elektronik. Anda juga bisa membeli mobil bekas dengan harga yang sesuai dengan kemauan Anda melalui IBID. Bagaimana caranya bisa membeli sebuah mobil impian dengan dana yang sesuai dengan tabungan yang ada? Anda bisa mengikuti langkah berikut:

Langkah pertama, Anda  bisa mengunduh aplikasi IBID di Google Play Store maupun App Store, atau kunjungi website resmi IBID di www.ibid.astra.co.id

Langkah kedua, Anda pilih menu daftar sebagai member IBID menggunakan email atau melalui social media seperti Facebook, Google, Twitter, dan Linkedin.

Langkah ketiga, lengkapi data diri termasuk nomor rekening dan foto KTP

Langkah keempat. Anda bisa mencari barang incaran pada kolom pencarian IBID.

Langkah kelima, Anda juga bisa mengecek jadwal lelang terlebih dahulu baru melihat-lihat barang lelang apa saja yang IBID hadirkan.

Langkah keenam, Anda bisa mencatat jadwal dan tipe lelangnya. Perlu diketahui IBID memiliki 3 tipe lelang yaitu Live Auction, Timed Auction, dan Flash Auction. Live Auction yaitu lelang secara realtime mengikuti jadwal cabang IBID, kemudian Timed Auction merupakan lelang dengan durasi yang lebih fleksibel, sedangkan Flash Auction adalah lelang online yang dilaksanakan secara cepat melalui aplikasi mobile.

Langkah ketujuh, lakukan pembelian NPL. Untuk Mobil, Anda harus melakukan deposit seharga Rp5.000.000. lalu untuk motor Anda harus deposit senilai Rp.1.000.000 sedang kan untuk Gadget sebesar Rp. 250.000 dan HVE minimal sebesar Rp. 20.000.000. Setelah itu, Anda bisa pilih “NPL Live” untuk mengikuti Live Auction sedangkan “NPL Timed” untuk mengikuti Timed Auction dan Flash Auction. Pada hari pelelangan Anda bisa memberikan harga yang terbaik dan sesuai dengan kemampuan dana yang Anda miliki.

Selain itu, jika Anda mengikuti lelang melalui IBID, Anda sudah tidak perlu khawatir mengenai dana NPL yang sudah Anda depositkan. Karena nantinya, jika Anda tidak menang lelang dana akan langsung dibalikan maksimal 3 hari kerja. Jika nantinya Anda menang, Anda juga bisa melakukan pelunasan biaya maksimal 5 hari kerja.